1. Ayat Al Quran yang Pertama Kali Diturunkan

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan. QS Al Alaq: 1 

Pendidikan sangat penting dalam Islam. Bahkan, ayat Al Quran pertama yang diturunkan di dunia ini diawali dengan perintah “Bacalah.” Kata itu juga yang diucapkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW saat menyampaikan wahyu Allah SWT.

Padahal saat itu, Rasulullah tidak bisa membaca. Namun Jibril tetap mengulangi perintahnya sampai 3 kali sebelum membacakannya untuk Rasulullah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membaca dan mencari ilmu dalam Islam.

 

2. Nabi Muhammad & Perjalanan Mencari Ilmu

Jika seseorang berpergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga. Nabi Muhammad SAW

Perjalanan mencari ilmu memang tak pernah mulus. Ada saja hambatan yang mungkin kamu hadapi, termasuk rasa malas yang selalu datang menghantui.

Tapi, yakinlah kalau semua itu demi masa depanmu. Nabi Muhammad SAW pun pernah berkata kalau perjalanan mencari ilmu sama dengan jalan menuju surga. Jadi, kenapa harus ragu lagi?

 

3. Mereka yang Takut Kepada Allah

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (orang-orang yang berilmu). QS Fathir: 28

Orang yang berilmu tahu dirinya hanyalah butiran pasir di dunia ini. Tak akan pernah ia merasa sombong dan lebih baik dari orang lain.

Semakin banyak yang diketahuinya dari dunia ini, semakin tunduklah ia kepada Sang Pencipta. Hal ini juga akan membuatnya takut melakukan perbuatan dosa karena tahu konsekuensinya.

 

4. Imam Syafi’i dan Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu adalah sesuatu yang dapat memberikan manfaat, bukan hanya untuk dihafal. Imam Syafi’i

Kalau kamu sedang menuntut ilmu, ingatlah kata kata motivasi belajar ini. Pastikan ilmu yang sedang kamu pelajari bisa berguna untuk hidupmu dan orang-orang di sekitarmu.

Jangan sampai ilmu itu hanya berakhir di ingatan yang mungkin akan terhapus suatu hari nanti. Biarpun kecil, terapkanlah di kehidupan nyata dan tuailah manfaatnya.

 

5. Mufti Menk Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Islam itu didasarkan pada ilmu pengetahuan. Semakin kamu mengenal Islam, semakin cinta pula kamu kepada ilmu pengetahuan. Semakin sedikit pengetahuanmu tentang Islam, semakin berkurang pula kecintaanmu kepadanya. Mufti Menk

Kata siapa Islam tidak sejalan dengan ilmu pengetahuan? Semakin banyak yang kamu tahu tentang dunia ini, akan semakin merasa cinta dan kagum kamu dengan Sang Pencipta dan ciptaan-Nya.

Kalau kamu merasa saat ini kamu sedang jauh dari-Nya, mungkin itu karena kamu kurang ilmu pengetahuan. Perbanyaklah membaca kata mutiara bernuansa Islami dan kamu akan merasa dekat dengan-Nya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *