Pepatah mengatakan, waktu adalah uang. Bukan berarti waktu bisa ditukarkan dengan uang, namun mengartikan betapa berharganya waktu sehingga disamakan dengan uang. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sangatlah penting, karena waktu tidak bisa kita putar ulang kembali. Setiap detik, menit, jam yang dilalui, harus kita manfaatkan secara produktif dan pastikan tidak ada yang sia-sia. Berikut tips yang bisa membuat waktumu lebih produktif.

 

1. Temukan hobimu
Temukan HobimuSumber: static.businessinsider.sg

Memang baik untuk memfokuskan diri terhadap pekerjaanmu. Namun, terlalu rutin bekerja bisa membuat kita stres. Untuk menghindari itu, cari dan temukan hobi yang sekiranya cocok dengan kepribadianmu, berguna bagi dirimu dan membawamu kedalam lingkungan positif. Dengan hobi, kamu bisa menghilangkan stres yang menumpuk dan secara tidak langsung mempelajari skill baru yang kamu pelajari di hobimu.

Misalkan kamu mempunyai hobi bermain futsal, namun sulit untuk mencari waktu olahraga karena senin sampai jumat selalu disibukkan dengan pekerjaan. Pada hari sabtu atau malam hari sepulang kerja, carilah teman-teman untuk menyalurkan hobi mu dan berkomunikasilah dengan mereka. Kamu bisa menyalurkan hobimu, mendapatkan teman-teman baru, dan menjaga kesehatanmu.

 

2. Perbanyak kegiatan sosial (volunteering, organisasi, dsb)
Perbanyak kegiatan sosial (volunteering, organisasi, dsb)Sumber: rmadhn.files.wordpress.com

Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak bisa lepas dari manusia lain. selain rutinitas kerja yang menerpa kita minimal 5 hari dalam 7 hari kita, carilah alternatif kegiatan lain yang berhubungan dengan kegiatn sosial, seperti bergabung dengan organisasi remaja atau organisasi non-profit berbasis sosial, atau menjadi relawan berbagai acara, mulai dari acara musik, pameran, atau gelaran seni budaya di sanggar-sanggar tertentu.

Tidak sulit kok untuk bergabung dengan kelompok-kelompok sosial seperti itu. Misalnya,organisasi keagamaan seperti remaja masjid atau aktif melakukan pelayanan di gereja. Selain menambah teman, tentu kamu akan mendapatkan nilai-nilai spiritualitas tambahan yang kamu butuhkan untuk dirimu.

 

3. Perbanyak waktu bersama teman dan keluarga
Perbanyak waktu bersama teman dan keluargaSumber: inovasee.com

Pekerjaanmu bukanlah segalanya, terlalu fokus kepada karirmu bisa merusak dirimu secara langsung. Kamu bukan robot yang harus selalu bekerja tanpa harus bersenang-senang. Prioritaskan kehidupan sosialmu bersama teman-teman dan khususnya keluargamu. Dengan bergaul dengan teman-temanmu, kamu bisa sharing masalah-masalah yang kamu hadapi di dunia kerja dan saling berbagi pengalaman yang tengah dijalani.

Menghabiskan waktu bersama keluarga juga akan memperbaiki mood-mu dalam bekerja dan menjalani hari. Keluargamu selalu mempunyai cara untuk memberikan sesuatu yang baru untukmu, mulai dari acara atau sekedar jalan-jalan keluarga. Meski banyak bekerja, kamu tidak bisa akan lebih produktif jika hanya bekerja.

 

4. Perbanyak latihan terhadap sesuatu
Perbanyak latihan terhadap sesuatuSumber: hellosehat.com

Tingkatkan produktivitasmu dengan mengasah lebih jauh hal-hal yang bisa dan berguna untuk kamu lakukan. Perbanyak latihan terhadap sesuatu yang kamu sukai. Misalkan kamu mempunyai hobi bermain basket, perbanyak berlatih untuk mengasah teknik-teknik yang dibutuhkan. Setidaknya, kamu bisa menjaga kondisi badan dan tidak menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak berguna.

 

5. Lakukan sesuatu saat menunggu (membaca buku, baca berita, dan lain-lain)
Lakukan sesuatu saat menunggu (membaca buku, baca berita, dan lain-lain)
Sumber: lh6.googleusercontent.com

Terkadang, kamu akan bingung untuk melakukan apa disaat menunggu atau ketika berada di kendaraan umum. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam situasi-situasi seperti itu, lho! Misalkan membaca, atau membaca artikel-artikel berita yang beredar luas di internet. Dengan membaca, kamu bisa mendapatkan hal baru, ide baru, dan skill baru yang bisa kamu terapkan di kehidupan nyatamu.

Poin diatas adalah beberapa hal alternatif dalam menghindari kebosanan di lingkungan kerja. Cara menghilangkannya pun tidak hanya sekedar menghabiskan waktu, namun juga meningkatkan produktivitasmu, tapi lewat jalan lain. Selamat mencoba!

 

Sumber: cdn-media-1.lifehack.org

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *