Banyak orang yang masih bingung dengan cita-cita atau ingin melakukan hal yang seperti apa di masa depannya nanti. Passion dibutuhkan agar lebih mudah mengetahui cita-cita dan keinginan masa depan kita. Namun, bagi sebagian besar orang ternyata menemukan passion yang cocok untuk diri mereka sendiri pun cukup sulit bukan? So, mari kita simak cara-caranya di bawah ini.

 

1. Hobi masa kecil
hobi masa kecilSumber: eteachblog.com

Seorang konsultan bisnis dan alhli kreativitas, Rob Levit mengatakan bahwa seringkali passion sudah ada dalam diri kita sejak lama namun tidak kita sadari. Maka dari itu, cobalah mengingat kegiatan apa yang sering dilakukan sejak kecil agar mendapat bayangan passion seperti apa yang kita miliki.

Jika susah untuk mengingatnya, cobalah tanya ke orangtua tentang hal-hal yang senang kita lakukan saat masih kecil atau melihat foto-foto jaman dahulu yang bisa menggambarkan kegiatan yang sering lakukan semasa kecil.

 

2. Membuat creative board
Membuat creative board
Sumber: mylifestyles.net

Ambilah sebuah papan besar. Lalu, gunting gambar atau tulisan dari koran atau majalah bekas atau brosur-brosur yang menarik perhatian. Kemudian, tempelkan pada papan yang telah disediakan.

Gambar yang paling dominan yang terlihat dari papan tersebut kemungkinan berhubungan dengan passion yang kita miliki. Jika papan dipenuhi dengan pemusik, kemungkinan passion kita adalah dunia musik. Jika lebih dari satu hal atau bidang yang dominan pada papan, hal tersebut normal jika seseorang memiliki lebih dari satu passion.

 

3. Daftar idola

daftar idola
Sumber: img.okezone.com

Buatlah daftar orang-orang yang ingin ditemui, lalu perhatikan satu profesi tertentu dari orang-orang tersebut yang memang ingin kita temui, dan mengajaknya untuk berdiskusi tentang cita-cita dan masa depan. Bayangkan pertanyaan apa yang akan diajukan dan hal-hal apa saja yang bisa didiskusikan. Melalui hal ini, kita bisa melihat arah passion kita dengan secara langsung mencari tahu lebih lanjut tentang kehidupan idola tersebut. Cerita sukses idola tersebut dalam menapaki karier pun bisa kita jadikan sebagai motivasi.

Misalnya Anda sangat tertarik dengan dunia fotografi dan ingin sekali bertemu dengan Darwis Triadi, ahli fotografer Indonesia. Anda bisa membayangkan apa saja yang dapat Anda diskusikan dengan beliau mengenai dunia fotografi. Karir beliau dari awal hingga bisa mendirikan sekolah fotografi bisa Anda jadikan motivasi. Melalui hal ini, Anda bisa menemukan passion Anda, yaitu seorang fotografer.

 

4. Rela bersusah payah
Rela bersusah payahSumber: c1.staticflickr.com

Passion bisa terlihat dari usaha seseorang untuk melakukan suatu kegiatan yang mereka sukai dan rela bersusah payah. Orang-orang tersebut juga bisa mengetahui apa yang membuat mereka senang dan terus mencoba suatu kegiatan, atau memberi usaha yang lebih terhadap kegiatan tersebut.

Contohnya adalah jika seseorang rela berangkat pagi buta hingga malam hari hanya demi mendapatkan foto sunrise dan sunset terbaik, kemungkinan passion orang tersebut adalah dunia fotografi.

 

5. Tidak terpengaruh tren
Tidak terpengaruh trenSumber: lavalux.com

Ada saatnya seseorang melakukan suatu kegiatan karena diajak oleh teman, atau kegiatan tersebut sedang tren. Jika orang itu tetap menyukai kegiatan tersebut disaat tidak lagi menjadi tren dan orang-orang mulai bosan atau bahkan tidak peduli, bisa jadi kegiatan tersebut adalah passion-nya lho.

Contohnya adalah jika Anda tetap rutin menulis blog disaat orang lain sudah merambah dunia vlog, berarti passion Anda adalah menulis.

 

6. Tempat menghabiskan waktu paling banyak
Tempat menghabiskan waktu paling banyak
Sumber: amadecorating.co.uk

Passion bisa terlihat dari kegiatan yang paling banyak dilakukan saat waktu senggang dan rela menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kegiatan tersebut. Jika saat akhir pekan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mendekor kamar dibandingkan jalan-jalan di mall, kemungkinan passion yang dimiliki berada di bidang desain interior.

Meminta pendapat keluarga atau orang terdekat kita juga bisa untuk mengetahui mereka sering melihat kita menghabiskan waktu luang untuk melakukan kegiatan apa. Jadi, jangan malu untuk bertanya kepada orang terdekat kamu ya!

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Melalui cara-cara di atas, Anda diharapkan bisa menemukan passion dengan cara memperhatikan hal-hal kecil dan sederhana yang terjadi di kehidupan Anda. Terlebih bagi Anda yang masih sampai saat ini masih merasa belum menemukan passion. Selamat mencoba!

 

Sumber: culture-counts.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *