Dalam pertandingan sepakbola, pelatih sebuah tim tidak bisa mengandalkan satu pemain yang hebat saja karena sepakbola adalah permainan sebelas lawan sebelas. Dibutuhkan kerjasama agar kesebelasan tersebut bisa bersatu padu menciptakan kerjasama yang baik. begitupula dalam bekerja, diperlukan kerjasama yang baik dan setiap anggota tim harus menyadari perannya masing-masing. Masalahnya, apakah kamu sudah mengetahui peranmu di dalam tim yang kamu tempati dan apa yang apa yang harus kamu lakukan sebagai anggota tim?

 

1. Keterbukaan

Keterbukaan

Sumber: 3bqcok3blxop389wjn309a64-wpengine.netdna-ssl.com

Setiap anggota tim perlu untuk mengetahui kondisi dan pribadi tiap-tiap anggota timnya, apalagi jika terdapat perbedaan pada ketertarikan dan latar belakangnya. Mereka harus saling terbuka terhadap ide baru, sudut pandang yang brbeda, dan keanekaragaman individu dalam grup.

 

2. Saling Percaya

Saling Percaya

Sumber: kanefood.com

Setiap anggota tim harus saling mempercayai satu sama lain untuk membagikan ide dan perasaan yang tengah dirasakan. Rasa kepercayaan sesama akan muncul hanya jika setiap pribadi meniatkan diri untuk membuka dirinya kepada anggota tim lain. dengna ini, tidak ada yang disembunyikan dan memiliki ikatan tidak secara fisik saja, namun juga secara mental.

 

3. Saling Membantu

Saling Membantu

Sumber: stewartcoopercoon.com

Anggota kelompok wajib saling membantu secara nyata untuk mencapai tujuan mereka. Setiap individu wajib untuk meningkatkan rasa loyalitas terhadap tim dan membantu anggota tim yang mengalami kesulitan. Setiap anggota harus menganggap tiap-tiap anggota sebagai kolaborator, bukan sebagai kompetitor.

 

4. Saling Menghormati

Saling Menghormati

Sumber: i2.wp.com

Jangan sampai kita meremehkan orang-orang yang ada disekitar kita. Setiap anggota kelompok mengungkapkan opini mereka setara dengan bagaimana mereka menghormati ornag tersebut. kamu harus terbiasa melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang baik, bukan mencari siapa yang harus disalahkan, tapi mencari apa yang bisa dipelajari dari kesalahan ini.

 

5. Berkomunikasi dengan Baik

Berkomunikasi dengan Baik

Sumber: foodandnutrition.org

Setiap anggota tim harus mampu mengutarakan pendapat dan idenya secara jelas, langsung, dan jujur. Berkomunikasi dengan baik mempunyai banyak poin penting seperti memberi masukan yang membangun, mendengarkan secara aktif, dan berbagi terhadap informasi yang dibutuhkan setiap anggota tim.

Kebanyakan pebisnis mengetahui jika kerjasama merupakan hal penting untuk menuju kesuksesan. Namun baru sedikit yang mengetahui mengapa dan bagaimana cara mencapainya. Tentunya kamu tidak mau kan, gagal dalam bisnismu hanya karena tidak mempunyai perencanaan dalam bekerjasama?

 

Sumber: bigthink.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *