Kalau tersenyum karena sesuatu yang menyenangkan, itu wajar-wajar saja. Tetapi, pernahkah Anda membiasakan diri untuk tersenyum demi kesehatan mental dan fisik?
Kalau tersenyum karena sesuatu yang menyenangkan, itu wajar-wajar saja. Tetapi, pernahkah Anda membiasakan diri untuk tersenyum demi kesehatan mental dan fisik?

Faktanya, tersenyum dengan tulus tidak hanya membuat penampilan kita menarik, tetapi juga membuat suasana hati semakin baik. Selain itu tersenyum juga erat kaitannya dengan kesehatan fisik dan meningkatnya harapan hidup.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu membiasakan diri tersenyum setiap hari seperti dilansir www.verywell.com:

1. Senyum membuat Anda lebih menarik

Orang secara alami tertarik secara fisik kepada orang yang tersenyum. Sebaliknya orang yang menunjukkan eskpresi wajah yang negatif seperti cemberut dan sinis, orang enggan untuk berdekatan.

2. Tersenyum meredakan stres

Stres dapat membuat kondisi mental kita tidak stabil sehingga efeknya akan tampak pada wajah kita. Orang yang stres biasanya terlihat lelah, lunglai, dan loyo. Dengan tersenyum, Anda bisa meredakan stres yang tengah melanda.

3. Tersenyum mengubah suasana hati menjadi lebih baik

Ketika Anda bersedih, cobalah untuk tersenyum. Tersenyum dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik. Tersenyum dapat mengaktifkan saraf di otak untuk meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter untuk merilis hormon dopamin dan serotonin yang membuat Anda lebih bahagia.

4. Tersenyum itu menular

Tersenyum memiliki kekuatan untuk menularkan semangat dan suasana hati yang baik. Apakah Anda pernah tersenyum ketika melihat orang lain tersenyum? Nah, itu membuktikan bahwa tersenyum itu menular dan bisa mengubah suasana.

5. Tersenyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyuman bisa membuat tubuh Anda lebih sehat karena bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Ketika Anda rileks dan tersenyum, fungsi kekebalan tubuh Anda meningkat.

6. Tersenyum menurunkan tekanan darah

Ketika Anda tersenyum, terjadi penurunan tekanan darah. Tekanan darah orang yang sering tersenyum dengan mereka yang tidak tersenyum pasti berbeda.

7. Tersenyum membuat kita merasa lebih baik

Penelitian telah membuktikan bahwa tersenyum dapat melepaskan endorfin dan serotonin. Keduanya dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Hal ini akan membuat Anda merasa nyaman. Tersenyum adalah obat yang alami.

8. Tersenyum dapat membuat Anda terlihat lebih muda

Tidak hanya membuat penampilan lebih menarik, tersenyum juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang kita gunakan untuk tersenyum dapat membuat wajah terlihat lebih muda.

9.Tersenyum bikin Anda tampak percaya diri

Orang yang tersenyum secara teratur tampak lebih percaya diri sehingga memiliki kesempatan untuk didekati orang lain, bahkan dipromosikan di tempat kerja.

10. Tersenyum membantu tetap positif

Tersenyumlah sekalipun Anda sedang menghadapi atau memikirkan sesuatu yang negatif. Sekalipun senyuman itu terpaksa, otak akan tetap mengirimkan pesan pada seluruh tubuh bahwa “hidup itu baik!”

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *