Sudah pernah mampir ke Punthuk Setumbu? Ini adalah nama objek wisata yang tergolong populer di Jawa Tengah. Termasuk salah satu tempat wisata dengan spot-spot ciamik untuk foto kekinian favorit kawula muda. Pemandangannya yang sangat indah bisa disaksikan lewat berbagai foto travel di Instagram.

Punthuk Setumbu Instagram/harnaka_harto

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Daerah ini masuk ke dalam wilayah Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Setumbu Instagram/monja_spannenkrebs

Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit. Keistimewaan sunrise di sini adalah latar Gunung Merapi Merbabu dan Candi Borobudur yang tampak megah di kejauhan. Kadang Rumah Doa Bukit Rhema alias Gereja Ayam yang viral di seluruh dunia itu juga bisa terlihat dengan mata telanjang.

Punthuk Setumbu Instagram/iqbalprima

Anda tidak akan menyesal menunggu matahari terbit di bukit ini. Keindahan Candi Borobudur yang terlihat melayang di atas awan akan menjadi bayarannya.

Punthuk Setumbu Instagram/jackybbooyy

Jika dilihat sekilas mirip dengan pemandangan di Bagan, Myanmar. Perpaduan antara panorama perbukitan dan candi-candi kuno yang tampak magis berselimut kabut di pagi hari. Satu unsur yang kurang cuma balon udara saja. Pasalnya di Bagan memang sering diadakan tur dengan balon udara untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dari udara.

Punthuk Setumbu Instagram/aecslocked

Wisatawan yang ingin memasuki tempat wisata ini cuma dikenakan biaya Rp15.000. Di dalamnya sudah terdapat aneka properti foto kekinian yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja ayunan dan gardu pandang berlatar fotogenik.

 

Reporter : Tantri Setyorini

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *