Posted by saatteduh

– Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville –

Bacaan Alkitab hari ini: Kolose 4

Orang-orang yang sudah menerima Kristus seharusnya langsung menjalin hubungan dengan cara yang baru, baik dengan Allah (dalam relasi “anak-Bapak”), dengan sesama orang percaya (dalam relasi sebagai “saudara di dalam Kristus”), maupun dengan “orang luar”.

Relasi yang intim dengan Allah sebagai Bapa kita harus dijalin melalui ketekunan berdoa, baik untuk keperluan diri sendiri maupun untuk keperluan sesama (4:2-3). Doa akan membuat kita bisa mengenali bagaimana Allah bekerja bagi kita dan melalui kita. Pengenalan itu akan membuat kita bisa mengucap syukur atas apa yang telah Allah kerjakan.

Relasi persaudaraan dengan sesama orang percaya harus dijalin melalui kebiasaan saling mendoakan, saling memperhatikan, dan saling menolong. Menjalin relasi dengan sesama orang percaya itu tidak cukup bila hanya dilakukan dalam pertemuan umum, tetapi harus dilakukan secara pribadi. Perhatikan bahwa Rasul Paulus bukan hanya melayani massa (orang banyak), tetapi juga melayani perorangan (1:28). Perhatian Rasul Paulus terhadap perorangan itu juga bisa dilihat dari banyaknya nama yang disebut oleh Rasul Paulus dalam surat-suratnya. Dalam surat Kolose, Rasul Paulus menyebut nama Timotius (1:1), Epafras (1:7; 4:12), Tikhikus (4:7), Onesimus (4:9), Aristarkhus (4:10), Markus – kemenakan Barnabas (4:10), Yesus yang dinamai Yustus (4:11), Lukas (4:14), Demas (4:14), Nimfa (4:15), dan Arkhipus (4:17). Uraian singkat tentang beberapa nama yang dia sebut menunjukkan perhatian Rasul Paulus terhadap teman-temannya.

Relasi dengan “orang luar” (bukan orang percaya) dijalin melalui kesaksian hidup yang baik, yaitu dengan hidup penuh hikmat, khususnya dalam memakai waktu (4:5), serta kata-kata yang penuh kasih (4:6). [P]

Kolose 4:6
“Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.”

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *