Liputan6.com, Jakarta – Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas) telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan. Presiden Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota negara pengganti DKI Jakarta pada, Senin (26/8/2019).

“Ya betul hari ini (lokasi ibu kota baru) akan diumumkan Presiden,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (26/8/2019).

Kendati begitu, Adita enggan membocorkan di mana lokasi yang nantinya akan menjadi pusat pemerintahan. Menurut dia, Presiden Jokowi yang berhak mengumumkannya ke publik.

“Tunggu presiden saja,” ucap dia.

Sementara itu, dalam video yang diuungah di akun Youtube Sekretariat Presiden, dikatakan bahwa Jokowi akan mengumumkan ibu kota baru. Video berdurasi satu menit itu berjudul “Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru“.

Di deskripsi video juga dijelaskan bahwa presiden akan mengumumkan lokasi ibu kota baru siang ini.

“Presiden Joko Widodo akan melakukan konferensi pers terkait pemindahan ibu kota negara di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2018,” demikian deskripsi video tersebut.

 

Kajian Bappenas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro telah menyerahkan dua kajian terkait pemindahan ibu kota, Jumat 23 Agustus 2019.

Dia menjelaskan dua kajian tersebut mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi pembangunan kota baru.

“Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru. Jadi sudah kami serahkan, dan presiden akan melihat dan me-review dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan,” kata Bambang usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat 23 Agustus 2019.

 

Sumber liputan6.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *